Friday, May 22, 2009



gyeh foto cah smea pekuncen

Wednesday, May 6, 2009

Foto Mesra Rani - Antasari

anda percaya>>>>>>>??

Monday, May 4, 2009

antara rani,antasari dan konspirasi antar institusi










Kasus dugaan pembunuhan Direktur PT Rajawali Putra Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen yang melibatkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai sebagai bentuk konspirasi korupsi.

"Ini merupakan bentuk perlawanan dari para koruptor yang tak senang dengan tindak tanduk KPK," kata vokalis Slank, Bimbim saat mendatangi Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (4/5/2009).

Oleh karenannya, lanjut Bimbim, komisi antikorupsi ini harus mempertahankan kredibilitas KPK yang saat ini sudah terbangun.

"Perlawanan kita (terhadap) koruptor harus lebih kuat," tutur pria kelahiran 25 Desember 1966 lalu.

Antasari disebut-sebut terlibat dalam pembunuhan bos kondom Nasrudin. Bahkan pembunuhan tersebut dilatarbelakangi asmara dengan salah seorang wanita bernama Rani Juliani, seorang caddy Golf. (kem)

begitulah kira kira yang siang ini aku baca di headline www.news.okezone.com

Monday, April 27, 2009

Glossary / Istllah dalam Dunia Komputer

10 BaseT Bagian dari standar asli IEEE 802.3, 10 BaseT adalah spesifikasi Ethernet 10Mbps baseband yang menggunakan dua pasang kabel yang saling terbelit (twisted pair), kabel kategori 3, 4 atau5-mengunakan satu pasang kabel yang saling menerima. 10 BaseT mempuyai sebuah batas jarak sekitar 100 meter per segmen.lihat juga: Ethernet dan IEEE 802.3.

100 BaseT Berdasarkan standar IEEE 802.3u, 10 BaseT adalah spesifikasi Fast Ethernet untuk baseband 100Mbps yang menggunakan kabel UTP. 100BaseT mengirimkan link pulses (yang berisi lebih banyak informasi dibandingkan yang digunakan 10BaseT) melalui network ketika tidak ada lalu lintas data. Lihat juga: 10BaseT, Fast Ethernetdan IEEE 802.3.

100 BaseTX Berdasarkan standar IEEE 802.3u, 100BaseTX adalah spesifikasi Fast Ethernet baseband100Mbps yang menggunakan dua kabel UTP atau STP. Kabel pasangan data menerima data; pasangan kedua mengirim data. Untukmemastikan waktu sinyal yang tepat, sebuah segmen 100BaseTX panjangnya tidak bisa melibihi dari 100 meter.


Acknowledgment Vertifikasi yang dikirimkan oleh suatu peralatan network ke peralatan lainnya untuk menandakan bahwa sebuah kejadian telah terjadi. Bisa disingkat menjadi ACK. Berlawanan dengan : NAK.

ANSI American National Standards institute: Organisasi yan tediri dari perusahaan, pemerintahan, dan anggota-anggota sukarela yang mengkordinasikan kegiatan-kegiatan yang berhuungan dengan standar, menyetujui standar nasional Amerika Serika, dan mengembangkan posisi Amerika Serikat dalam organisasi standar internasional. ANSI membantu dalam pembuatan standar internasional dan Amerika Serikat untuk bidang seperti komunikasi, networking, dan berbagai bidang teknik. ANSI telah mempublikasikan lebih dari 13.000 standar, untuk produk-produk rekayasa dan teknologi, mulai dari ulir sekrup sampai protocol networking. ANSI adalah anggota dari the intertational Electrotechnical commission (IEC) dan Intertational Organization for standardization (iso)

Aplication layer Layer Application. Layer ke-7 dari model network OSI, menyediakan 16-bit tunggal layanan-layanan untuk prosedur-prosedur aplikasi (seperti electronic mail atau transfer file) yang berada diluar model OSI. Layer ini memilih dan menentukan ketersediaan dari partner komunikasi dan juga sumber daya yang diperlukan untk membuat koneksi, mengkordinasikan aplikasi-aplikasi yang berpasangan,dan membentuk sebuah kesepakatan terhadap prosedur-prosedur untuk mengendalikan integritas data dan error recovery. Lihat juga : Data link layer, Network layer, physical layer, Session layer , dan transport layer.

ARP Address Resolution Protocol. Didefinisikan di RFC 286, merupakan protocol yang melacak alamat IP ke alamat MAC.

ASCII American standard Code for Information Interchange. Sebuah kode 8-bit untuk merepresentasikan karakter-karakter,terdiri dari 7 bit data ditambah 1 bit parity.

ASICs Application-spesific Integrated Circuit. Digunakan di switch layer 2 untuk membuat keputusan filtering. ASIC melihat ke dalam tabel filterdari alamat-alamat MAC dan menentukan port mana yang akan dituju oleh alamat hardware tujuan dai sebuah alamat hardware yang diterima. Frame akan diizinkan untuk melaui segmen itu saja. Jika alamat hardware tidak diketahi, frame akan di forward ke semua port.

Auto-detectmechanism Digunakan di sebuah switch, hub, dan kartu interface Ethernet,untuk menentukan duplex dan kecepatan yang di gunakan.

Auto duplex Sebuah setting pada peralatan layer 1 dan layer 2 yang menset duplex dari sebuah port pada switch atau hub secara otomatis.

Backbone Bagian dasar dari network angen menyediakan jalur utama untuk lalu lintas yan dikirimkan ke dan mulai dari network lain.

Bandwidth selisih antara frekuensi tertingi dan terendah yang digunakan oleh sinyal network. Lebih umum, ia mengacu pada kapasitas throughput yang diukur pada sebuah protocol atau media network.

Baseband Sebuah fitur dari teknologi network yang menggunakan hanya satu pembawa (carrier) fekuensi. Contohnya adalah Ehernet .Juga disebut “narrowband (pita sempit)”.Bandingkan dengan : broadband.

Baud Sinonim dari bit per second (bps) , jika setiap elemem sinyal menyatakan 1 bit. Baud adalah sebuah satuan dari kecepatan persinyalan yang ekivalen dengan jumlah elemen sinyal yang terpisah yang ditransmisikan per detik.

Binary Sebuah metode penomoran dengan 2 kharakter yang menggunakan satu dan nol.Sistem penomoran binary mendasari semua pernyataan digital dari informasi.

Bit sebuah digit binary , mempunyai nilai 1 atau 0. delapan bit membetuk sebuah byte.

Bridge Sebuah alat untuk menghbungka dua segmen dari sebuah network dan mentransmisikannya paket-paket diantaranya. Kedua segmen harus menggunakan protocol yang identik untuk berkomunikasi. Bridge berfungsi pada layer Data Link, layer ke-2 dari model referensi OSI. Tujuan dari sebuah brdge adalah untuk menyaring, mengirmkan atau melakukan broadcast pada setiap frame yang dating, berdasarkan alamat MAC dari frame tersebut.

Broadband Sebuah metodologi transmisi untuk melakukan multiplexing terhadap beberapa sinyal yang berbeda ke dalam satu kabel. Dalam telekomunikasi, broadband diklarifikasikan sebagai kanal apapun dengan bandwidth lebih dari 4 kHz (atau disebut voice grade dalam teknologi VLAN), ia diklsifikasika sebagai sebuah kabel koaksial dimana snyal analog digunakan. Juga disebut “ wideband (pita lebar).”

Broadcast Sebuah frame data atau paket yang ditransmisikan ke semua node pada segmen network local (seperti didefinisikan oleh broadcast domain). Broadcast dikenal dari alamat broadcast-nya, yang merupaka sebuah network dan alamat tujuan dengan semua bit di-on-kan (bernilai 1). Juga disebut “local broadcast.” Badingkan dengan : directed broadcast.

Broadcast address Digunakan dalam pengalamatan logical dan pengalamatan hardware. Dalam pengalamatan logical, alamat-alamat host akan menjadi 1 semua. Dengan pengalamatan hardware, alamat hardware akan menjadi satu semua dalam binary (atau semua F dalam bilangan hexadecimal).

Broadcast domain Sebuah group dali peralatan-peralatan yang menerima frame broadcast yang dimlai atau dikirim dari alat apapun di group itu. Karena router tidak memforward frame broadcast, broadcast tidak diforward daro satu broadcast domain ke broadcast domain lain.

Broadcast (multi-access) networks Network broadcast (multi access) seperti Ethernet memungknkan beberapa alat untuk dihubugkan ke (atau mengakses) network yang sama, dan uga menyediakan sebuah kemampuan broadcast dimana sebuah paket tinggal dikirimkan ke semua node di network tersebut.

Broadcast strom Sebuah kejadian yang tidak diiginkan pada network yang disebabkan ole transmisi secara serentak dari sejumlah broadcast yang melalui segmen network tersebut. Kejadian seperti ini dapat membuat bandwidth network kewalahan, yang mengakibatkan time-out.

Buffer Sebuah area penyimpanan yang menangai data ketika data itu dala transit. Buffer digunakan ntuk menerima atau menyimpan pengiriman yang sporadic dari data-data yang membesar, basanya diterima dari sebuah alat yang lebih cepat, untk mengkompensasi varias-variasi dalam kecepatan pemrosesan. Informasi yang dating disimpan sampai semuaya diterima sebelum mengirimkan data. Juga dikenal sebagai sebuah “information buffer”.


Bus topology sebuah arsitektur LAN linear dimana transmisi dari beberapa station pada network dibuat kembali sepanjang sebuah medium dan diterima oleh semua station lain. Bandingkan dengan: ring topology dan star topology

Byte delapan bit. Lihat juga: octet.

CD carrier detect: sebuah sinyal yang mengindikasikan bahwa sebuah interface sedang aktif atau bahwa sebuah koneksi yang dihasilkan oleh sebuah modem telah dibuat.

CDP Cisco Discovery Protocol. Protokol proprietary Cisco yang digunakan untuk memberitahuakan sebuah alat Cisco tetangga tantang type hardware, versi software dan interface aktif yang sedang digunakan oleh alat Cisco. CDP menggunakan sebuah alat frame SNAP di antara eralata dan tidak bisa di route.

Checksum Sebuah pengujian untuk memastikanintegitas dari data yang dikirimkan. Merupakan sebuah angka yang dihitung dari serangkaian nilai yang diambil melalui sederetan fungs-fungsi metematika, secara khusus ditempatkan pada akhir dari data dari mana ia itung, dan kemudian dihitung-ulang pada ujung penerima untuk verifikasi. Bandingkan dengan: CRC.

compression Sebuah teknik untuk mengirimkan lebih banyak data melalui sebuah link dibandingkan data yang secara normal diperbolehkan dengan cara mempresentasikan string-string data yang berulang dengan sebuah penanda tunggal (single marker).

congestion lalu lintas network yang melampaui kemampuan network menanganinya.

Connectionless Transfer data yang terjadi tanpa menciptakan sebuah rangkaian virtual. Memiliki overhead yang rendah, menggunakan pengiriman best-effort (usaha terbaik), dan tidak dapat diandalkan. Berlawanan dengan: connection-oriented. Lihat juga: virtual circuit.

connection-oriented Metode transfer data yang membuat sebuah rangkaian virtual sebelum data ditransfer. Menggunakan acknowledgment dan flow control untuk transfer data yang dapat diandalkan. Berlawanan dengan: connectionless. Lihat juga: virtual circuit.

console port Biasanya sebuah port RJ-45 (modular 8-pin) pada sebuah router dan switch Cisco yang memungkinkan kemampuan Command-Line Interface.

core layer Layer inti. Layer teratas dalam model hierarkis tiga-layer Cisco, yang membantu anda merancang, membangun, dan memelihara network-network hierarkis Cisco. Layer ini melewatkan paket-paket dengan cepat ke alat-alat layer distribusi saja. Tidak ada packet filtering yang akan terjadi pada layer ini.

CRC cyclic redundancy check: Sebuah metodologi yang mendeteksi error-error, dimana penerima frame membuat sebuah perhitungan dengan cara membagi isi dari frame dengan sebuah pembagi binary utama dan membandingkan sisa pembagian dengan sebuah nilai yang disimpan dalam frame oleh node pengirim. Berlawanan dengan: checksum.

crossover cable Jenis kabel Ethernet yang menghubungkan sebuah switch dengan switch, host dengan host, hub dengan hub, atau switch dengan hub.

CSMA/CD Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection: Sebuah teknologi yang didefinisikan oleh komite IEEE 802.3 Ethernet. Setiap alat mendeteksi untuk merasakan sebuah sinyal digital pada kabel sebelum melakukan tranmisi. Juga, CSMA/CD memungkinkan semua alat pada network untuk berbagi kabel yang sama, tetapi hanya memungkinkan satu transmisi pada satu saat. Jika dua alat melakukan transmisi pada saat bersamaan, sebuah tabrakan frae akan terjadi dan sebuah pola jamming (pengacau) akan dikirimkan: alat akan berhenti melakukan transmisi, menunggu selama waktu tertentu atau selama waktu yang ditentukannya sendiri secara acak, dan kemudian mencobanya melakukan transmisi lagi.

CSU channel service unit: Sebuah mekanisme digital yang menghubungkan peralatan pengguna-akhir (end-user) ke loop telepon digital local. Sering disebut bersama dengan data service unit sebagai CSU/DSU. Lihat juga: DSU.

CSU/DSU channel service unit/ data service unit: Alat layer Physical yang digunakan dalam WAN untuk mengkonversi sinyal digital CPE menjadi apa yang dimengerti oleh switch di provider. Sebuah CSU/DSU biasanya adalah sebuah alat yang terhubung ke sebuah jack RJ-45 (modular 8-pin), yang disebut sebagai titik demarkasi.

data circuit-terminating equipment DCE digunakan untuk menyediakan clocking untuk perlengkapan DTE.

data encapsulation Proses dimana informasi pada sebuah protocol dibungkus, atau dimasukkan, dalam bagian data dari protocol lain. Dalam model referensi OSI, setiap layer mengenkapsulasi layer yang berada langsung diatasnya ketika data berpindah menuruni susunan protocol.

data frame Enkapsulasi Protocol Data Unit pada layer Data Link dari model referensi OSI. Mengenkapsulasi paket-paket dari layer Network dan mempersiapkan data untuk trasmisi pada sebuah media network.

datagram Sebuah koleksi logical dari informasi yang ditransmisikan sebagai sebuah unit layer Network diatas sebuah medium tanpa menggunakan sebuah rangkaian virtual yang sudah di buat sebelumnya. Datagram IP telah menjadi unit informasi primer dari internet. Pada layer-layer yang berbeda dari model referensi OSI, istilah cell, frame, message, packet, dan segment juga mendefinisikan pengelompokan informasi logical ini.

Data Link Control Layer Layer 2 dari model arsitektur SNA, bertanggung jawab untuk transmisi data melalui sebuah link fisikal tertentu dan bias dibandingkan dengan layer Data Link pada model OSI.

Data Link layer Layer 2 dari model referensi OSI, ia memastikan transmisi data yang bisa dipercaya melalui sebuah link fisikal dan terutama berkaitan dengan pengalamatan fisikal, disiplin line, topologi network, pemberitahuan error, pengiriman frame yang berurutan, dan flow control. IEEE membagi lebih lanjut layer ini menjadi sublayer MAC dan sublayer LLC. Juga dikenal sebagai link layer. Dapat dibandingkan dengan layer data link control dari model SNA. Lihat juga: Application layer, LLC, MAC, Network layer, Physical Layer, Presentation Layer, Session Layer, dan Transport Layer.

Data terminal equipment Lihat: DTE.

DCE data communications equipment (seperti didefinisikan oleh EIA) atau data circuit-terminating equipment (seperti didefinisikan oleh ITU-T): Mekanisme dan link dari sebuah network komunikasi yang menyusun bagian network dari interface user-ke-network, seperti modem. DCE menyediakan koneksi fisikal ke network, meneruskan lalu lintas network dan menyediakan sebuah sinyal clocking untuk melakukan sinkronisasi transmisi data antara alat-alat DTE dan DCE. Bandingkan dengan: DTE.

de-encapsulation Teknik yang digunakan oleh protocol-protokol ber-layer dimana sebuah layer menghapus informasi header dari Protocol Data Unit dari layer di bawahnya. Lihat: encapsulation.

default route Entri pada routing table statis yang digunakan untuk mengarahkan frame-frame yang hop selanjutnya tidak terdapat di routing table.

delay Waktu yang lewat antara inisiasi transaksi dari pengirim dengan respons pertama yang diterimanya. Juga, waktu yang diperlukan untuk memindahkan sebuah paket dari sumbernya ke tujuannya melalui sebuah jalur. Lihat juga: latency.

demultiplexing Proses mengkonversi sebuah sinyal multiplexed, yang terdiri dari lebih dari satu stream input, kembali menjadi stream output yang terpisah. Lihat juga: multiplexing.

destination address Alamat untuk peralatan network yang akan menerima sebuah paket.

directed broadcast Sebuah frame data atau paket yang ditransmisikan ke sebuah kumpulan node tertentu pada sebuah segmen network remote. Directed broadcast, atau broadcast yang diarahkan, diketauhi dari alamat broadcast-nya, yang merupakan sebuah alamat subnet tujuan dengan semua bit host di-on-kan.

distribution layer Layer tengah dari model hierarkis tiga-layer Cisco, yang membantu Anda merancang, menginstal, dan memelihara network hierarkis Cisco. Layer ini adalah titik dimana peralatan layer Akses melakukan hubungan. Routing dilakukan di layer ini.

DSU data service unit: Alat ini digunakan untuk mengadaptasi interface fisikal pada sebuah mekanisme data terminal equipment (DTE) ke sebuah fasilitas transmisi seperti T1 atau E1, dan juga bertanggung jawab untuk timing atau pengaturan waktu sinyal. Ia biasanya dikelompokkan dengan channel service unit dan disebut sebagai CSU/DSU. Lihat juga: CSU.

DTE data terminal equipment: Semua alat yang berlokasi di sisi user dari sebuah interface user-network yang bertindak sebagai sebuah destinasi, sebuah sumber, atau keduanya. DTE meliputi alat-alat seperti multiplexer, router, penerjemah protocol, dan computer. Koneksi ke sebuah network data dilakukan melalui data communication equipment (DCE) seperti modem, menggunakan sinyal-sinyal clocking yang dihasilkan oleh alat itu. Lihat juga: DCE

encapsulation Teknik yang digunakan oleh protocol ber-layer dimana sebuah layer menambahkan informasi header ke Protocol Data Unit (PDU) dari layer di atasnya. Sebagai contoh, dalam terminology internet, sebuah paket akan berisi sebuah header dari layer Data Link, diikuti oleh sebuah header dari layer Network (IP), diikuti oleh sebuah header dari layer Transport (TCP), kemudian diikuti oleh data protokol aplikasi.

encryption Konversi informasi ke dalam sebuah bentuk yang di acak yang secara efektif menyamarkannya untuk mencegah akses yang tidak diizinkan. Semua skema enkripsi mengunakan beberapa algoritma yang sudah ditentukan dengan baik, yang mana dibalik pada ujung penerima dengan menggunakan algoritma yang berlawanan yang dikenal sebagai decryption.

Ethernet Sebuah spesifikasi LAN baseband yang dibuat oleh Perusahaan Xerox Corporation dan kemudian ditingkatkan melalui usaha gabungan antara Xerox, Digital Equipment Corporation, dan Intel. Ethernet sama dengan standar seri IEEE 802.3 dan, menggunakan CSMA/CD, beroperasi pada beberapa jenis kabel pada 10 Mbps. Juga disebut: Ethernet DIX (Digital/Intel/Xerox). Lihat juga: 10BaseT, Fast Ethernet, dan IEEE.

Fast Ethernet Semua spesifikasi Ethernet yang memliki kecepatan 100 Mbps. Fast Ethernet adalah sepuluh kali lebih cepat dibandingkan dengan 10BaseT, dan mempertahankan kualitas-kualitas 10BaseT, seperti mekanisme MAC, MTU, dan format frame. Kemiripan ini memungkinkan aplikasi dan tool-tool manajemen untuk 10BaseT yang sudah ada, dapat digunakan pada network Fast Ethernet. Fast Ethernet didasarkan pada sebuah kepanjangan dari spesifikasi IEEE 802.3 (IEEE 802.3u). Bandingkan dengan: Ethernet. Lihat juga: 100BaseT, 100BaseTX, dan IEEE.

FDDI Fiber Distributed Data Interface: Sebuah standar LAN, didefinisikan oleh ANSI X3T9.5 yang dapat bekerja pada kecepatan hingga 200 Mbps dan menggunakan media access token-pasing pada kabel serat optic. Untuk redundancy, FDDI dapat menggunakan sebuah arsitektur dual-ring.

flow control Sebuah metodologi yang digunakan untuk memastikan bahwa unit penerima tidak kewalahan dengan data dari alat pengirim. Di network IBM disebut pacing, artnya bahwa ketika buffer di alat penerima sudah penuh, sebuah pesan akan dikirimkan ke unit pengirim untuk sementara waktu menghentikan transmisi sampai semua data di buffer penerima telah diproses dan buffer sudah siap untuk bekrja lagi.

frame Sebuah satuan informasi logical yang dikirimkan oleh layer Data Link melalui sebuah medium transmisi. Istilah ini kadang mengacu pada header dan trailer, yang digunakan untuk sikronisasi dan pengontrolan error, yang mengelilingi data yang tersimpan dalam unit tersebut.

FTP File Transport Protocol: Protokol TCP/IP yang digunakan untuk mentransmisikan file-file di antara node-node network, mendukung banyak jenis file dan didefinisikan dalam rfc 959. lihat juga :TFTP.

Full duplex Kapasitas untuk mentransmisikan informasi antara sebuah station pengirim dan sebuah unit penerima pada saat bersamaan. Lihat juga : half duplex.

Half duplex Kapasitas mentransfer data dalam hanya satu arah saja pada suatu saat antara sebuah unit pengirim dan unit penerima. Lihat juga: full duplex.

Handshake Rangkaian transmisi apa pun yang dipertukarkan di antara dua atau lebih alat pada sebuah network ntuk memastikan operasi yang sinkron.

Hierarchical addressing Semua rencana pengalamatan yag menggunakan sebuah rangkaian perintah logical untuk menentukan lokasi. Alamat-alamat IP dibuat dari sebuah hirarki dari nomor-nomor network, nomor-nomor subnet, dan nomor-nomor host untuk mengarahkan paket-paket ke tujuan yang sesuai.

Hierarchy Istilah yang digunakan unuk mendefinisikan pengalamatan IP, dalam pengalamatan hirarki, sejumlah bit digunakan untuk networking dan sejumlah bit lainnya untuk pengalamatan host. Juga digunakan dalam struktur DNS dan model rancangan Cisco.


Hop count Sebuah routing metric yang menghitung jarak antara sebuah sumber dan sebuah tujuan, berdasarkan pada jumlah router di jalur tersebut. RIP menggunakan hop count sebagai metric satu-satunya. Lihat juga: hop dan RIP.

Host address Alamat logical yang dikonfigirasi oleh seorang administrator atau server pada sebuah alat. Secara logical mengidentifikasi alat ini pada sebuah internetwork.

Host-to-host layer Layer dalam susunan Internet Protocol yang sama dengan layer Transport dari model OSI.

Hubs Alat-alat layer Physical yang sebenarnya hanya repeater dengan banyak port. Ketika sebuah sinyal digial elektronik diterima pada sebuah port, sinyal itu akan dikuatkan kembali atau akan dihasilkan ulang an dikirimkan keluar ke semua segmen dari mana sinyal tersebut diterima.

ICMP Internet Control Message Protocol: didokumentasikan dalam RFC 792, merupakan protocol Internet layer network untuk tujuan melaporkan error dan menyediakan informasi mengenai proseur-prosedur paket IP.

IEEE Institute of Electrical and Electronics Engineers: Sebuah oganisasi professional yang, selain aktivitas lain, mendefinisikan standar-standar dalam semlah bidang di computer dan elektrik, termasuk networking dan komunikasi. Standar-standar IEEE banyak digunakan dalam standar LAN dewasa ini. Banyak protocol yang dikenal dengan nomor referensi dari standar IEEE yang terkait.

IEEE 802.1 Spsifikasi komite IEEE yang mendefinisikan grup bridging. Spesifikasi untuk STP ( Spanning Tree Protocol ) adalah IEEE 802.1D. STP menggunakan STA (Spanning-tree Algorithm ) untuk menemukan dan mencegah loop-loop dalam network dalam network bridge. Spesifikasi untuk trunking VLAN adalah IEEE 802.1Q.

IEEE 802. 3 Spesifikasi komite IEEE yang mendefinisikan grup Ethernet khususnya standar 10 Mbps yang asli. Ethernet adalah sebuah protocol LAN yang menspesifikasikan layer Physical dan media akses sublayer MAC. IEEE 802. 3 menggunakan CSMA/CD untuk menyediakan akses bagi banyak alat pada network yang sama. Fast Ethernet didefinisikan sebagai 802.3U, dan Gigabit Ethernet didefinisikan sebagai 802.3Q. lihat juga: CSMA/CD.

IEEE 802.5 Komite IEEE yang mendefinisikan media akses Token Ring.

IGMP Internet Group Management Protocol: Digunakan oleh host-host IP, protocol yang melaporkan keanggotaan grup multicast mereka ke sebuah router multicast yang berdekatan.

IGP Interior Gateway Protocol: Semua protocol yang digunakan oleh sebuah internetwork untuk mempertukarkan data routing di dalam sebuah autonomus system. Contohnya termasuk RIP, IGRP, dan OSPF.

IGRP Interior Gateway Routing Protocol: algoritma routing distance vector yang propri etary Cisco. Merupakan perbaikan dari protocol RIP.

Internet “Network dari network” yang global, yang popularitasnya meledak dalam beberapa tahun terakhir. Asalnya adalah sebuah alat untuk riset akademis gabungan, ia telah menjadi sebuah media untuk pertukaran dan pendistribusian informasi dari semua jenis.kebutuhan Internet untuk menghubungkan platform-platform dan teknologi-teknologi computer yang berbeda telah menyebabkan dikembangkannya protocol-protocol dan standar-standar yang seragam, yang juga digunakan secara luas di LAN perusahaan. Lihat juga: TCP/IP dan MBONE.

Internet Sebelum kebangkitan internet, internet dengan huruf kecil ini adalah singkatan dari internetwork dalam konteks yang umum. Sekarang istilah ini sudah jarang digunakan. Lihat juga: internetwork.

Internet layer Layer dalam protocol TCP/IP yang menyediakan pengalamatan network dan routing melalui sebuah network.

Internet Protocol Semua protocol yang terdapat dalam susunan TCP/IP.lihat juga: TCP/IP.

Internetworking Secara umum, semua yang berhubungan dengan tugas umum untuk menghubungkan network-network satu sama lain. Istilah ini mencakup teknologi, prosedur dan produk. Ketika anda menghubungkan network-network dengan sebuah router, anda menciptakan sebuah internetwork.

IP Internet Protocol: Didefinisikan dalam RFC 791, merupakan sebuah protocol layer network yang menjadi bagian dari susunan TCP/IP dan menawarkan koneksi yang connectionless. IP menyediakan banyak fitur untuk pengalamatan, spesifikasi jenis layanan, fragmentasi dan reassembly (perakitan kembali frame), dan keamanan.

IP address Sering isebut alamat internet, ini adalah sebuah alamat yang secara unik mengidentifikasi semua alat (host) pada internet (atau network TCP/IP lain). Setiap alamat terdiri dari 4 oktet (32 bit), dinyatakan sebagai angka decimal yang dipisahkan oleh titik-titik (sebuah format yang dikenal sebagai dotted-decimal). Semua alamat dibentuk oleh sebuah omor network, sebuah nomor subnetwork opsional, dan sebuah nomor host. Nomor network dan subnetwork digunakan bersama untuk routing, sementara nomor host menunjukkan sebuah host tunggal di dalam network atau subnetwork. Informasi network dan subnetwork diambil dari alamat IP menggunakan subnet mask. Ada lima class alamat IP(A-E), dimana class A-C mengalokasikan jumlah-jumlah yang berbeda dari bit-bit untuk bagian alamat untuk network, subnetwork, dan host. Lihat juga: CIDR, IP dan subnet mask.

IPX Internet Packet eXchange: protocol layer network (layer 3) yang digunakan dalam network Novell Netware ntuk memindahkan informasi dari server ke work station. Sama dengan IP dan XNS.

LAN Local Area Network: secara luas, semua netwoek yang menghubungkan dua atau lebih kmputer dan alat-alat yang terhubung dalam sebuah area geografis yang terbatas (sampai beberapa kilometer). LAN-LAN biasanya adalah network yang berkecepatan tinggi dan memiliki error yang rendah, di dalam sebuah perusahaan. Pengkabelan dan pensinyalan pada layer Physical dan Data Link dari OSI diatur dalam standar-standar LAN. Ethernet, FDDI, dan Token Ring merupakan beberapa teknologi LAN yang paling popular. Bandingkan dengan: MAN.

LAN switch Sebuah mekanisme bridging yang transparan, multi-interface, dan berkecepatan tinggi, mentransmisikan paket-paket antara segmen-segmen dari data link, biasanya mengacu khusus pada sebuah switch Ethernet. Switch LAN memindahkan lalu lintas berdasarkan alamat MAC. Lihat juga: mutilayer switch dan store-and-forward packet switching.

Latency Secara umum, adalah waktu yang diperlukan untuk sebuah paket untuk berpindah dari satu kasi ke lokasi lain. Dalam konteks networking yang khusus, ia dapat berarti: (1) waku yang berlalu (delay) antara pelaksanaan atau eksekusi dari sebuah permintaan untuk mengakses sebuah network oleh sebuah alat dan waktu di mana mekanisme tersebut benar-benar diperbolehkan untuk melaksanakan transmisi tersebut, atau (2) waktu yang berlalu antara ketika sebuah mekanisme menerima sebuah frame dan waktu frame tersebut dikirimkan keluar dari port tujuan.

Layer Istilah yang digunakan dalam networking ntuk mendefinisikan bagaimana modelOSI bekerja untuk meng-enkapsulisasi data untuk ditransmisikan pada network.

Layer 3 switch Lihat: multilayer switch.

Link state protocol Dalam protocol link state, juga disebut protocol shortest-path-first. Masing-masing router membuat tiga buah tabel yang terpisah. Satu dari tabel ini mencatat tetangga-tetangga yang berhubungan langsung, satu menentukan topologi dari internetwork keseluruhan, dan satu digunakan sebagai sebuah routing table. Router link state mengetahui lebih banyak tentang internetwork dibandingkan protocol routing yang distance-vector.

LLC Logical Link Control: Didefinisikan ole IEEE, adalah ang lebih tinggi dari kedua sublayer dari data link. LLC bertanggng jawab terhadap deteksi error (tetapi bukan koreksi), flow control, framing, dan pengalamatan sublayer secara software. Protocol LC yang utama, IEEE 802.2, mendefenisikan operasi yang conectionles dan connection-oriented. Lihat juga :Data Link Layer dan MAC.

Logical adresss Alamat-alamat layer network yang mendefinisikan bagaimana data dikirimkan dari satu network lain, contoh dari alamat logical adalah IP dan IPX.

MAC Media Access Control: Sublayer yang lebih rendah dalam layer data link, bertanggung jawab untuk pengalamatan hardware, media akses, dan deteksi error dari frame. Lihat juga: layer data link dan LLC.

MAC address Sebuah alamat hardware layer data link yang diperlukan oleh semua port atau semua alat untuk terhubung ke sebuah segmen LAN. Alamat-alamat ini digunakan oleh bermacam-macam alat dalam network untuk lokasi yang akurat dari alamat logical. Alamat MAC didefinisikan oleh standar IEEE dan panjangnya adalah enam karakter, biasanya menggunakan burned-in address (BIA) dari interfaceLAN local. Sering juga disebut alamat hardware, alamat fisik, alamat burned-in, atau alamat layer MAC.

Media translation Sebuah property router yang memperbolehkan dua jenis LAN yang berbeda untuk berkomunikasi, sebagai contoh, Ethernet untuk Token Ring.

Multicast Secara umum, semua komuniksi antara seorang pengirim tunggal dan beberapa penerima. Tidak seperti pesan broadcast, yang dikirim ke semua alamat pada seuah network, pesan multicast dikirimkan ke sebuah bagian dari alamat network yang didefinisikan: bagian ini memiliki sebuah alamat multicast grup, yang dispesifikasikan dalam field alamat tujuan dalam paket. Lihat juga: broadcast dan directed broadcast.

Multiplexing Proses mengubah beberapa sinyal logic menjadi sebuah sinyal fisik tungal untuk transmisi melalui sebuah kanal fisik. Barlawanan dengan: demultiplexing.

Network layer dalam model referensi OSI, merupakan layer ke3, layer dimana routing diimplementasikan, mengaktifkan koneksi-koneksi dan pemilihan jalur antara dua system akhir. Lihat juga: Application layer, Data Link Layer, Physical layer, Presentation layer, Session layer dan Transport layer.

NIC Network Interface Card: Sebuah board rangkaian elektronik yang ditempatkan dalam sebuah computer. NIC menyediakan komunikasi network melalui sebuah LAN.

OSI Open System Interconnection: Program standarisasi internasional yang dirancang oleh ISO dan ITU-T untuk pengembangan standar-standar networking data yang memungkinkan terjadinya interoperabilitas atau kerja sama antara perlengkapan-perlengkapan multivendor.
OSI referensi model Model referensi Open System Interconnection: Sebuah model konseptual yang didefinisikan oleh International Organization for Standarization (ISO), yang mengambarkan bagaimana kombinasi apapun dari alat-alat network dapat dihubungkan untuk tujuan berkumunikasi. Model OSI membagi pekerjaannya menjadi tujuh layer yang fungsional, membentuk sebuah hirarki dengan aplikasi-aplikasi di atas dan medium fisik di bawah, dan ia mendefinisikan fungsi-fungsi yang harus disediakan oleh setiap layer. Lihat juga: Application layer, Data Link layer, Network layer, Physical layer, Presentation layer, Session layer dan Transport layer.
OSPF Open Shortes Part First: Sebuah algoritma routing yang hierarkis dan link-state yang diturunkan dari sebuah versi sebelumnya dari protocol IS-IS, yang fitur-nya termasuk routing multi jalur, load balancing dan routing dengan cost terendah. OSPF adalah pengganti RIP yang di sarankan dalam lingkungan internet. Lihat juga: Enhanced IGRP, IGP dan IP.
OUI organizationally unique identifier: Kode yang diberikan oleh IEEE kepada sebuah organisasi yang membuat kartu interface network. Organisasi kemudian meletakan OUI ini pada setiap dan semua kartu yang dibuatnya. OUI panjangnya 3 byte (24 bit). Pembuat kartu kemudian menambahkan sebuah identifikasi 3-byte untuk mengidentifikasi host secara unik. Panjangnya total dari alamat tersebut adalah 48 bit (6 byte) dan disebut sebuah alamat hardware atau alamat MAC.
Packet Dalam komunikasi data, adalah satuan logical dasar dari informasi yang dipindahkan. Sebuah paket terdiri dari sejumlah byte data, dibungkus atau dienkapsulasi dalam header dan atau trailer yang mengandung informasi tentang dari mana packet berasal, ke mana tujuannya dan seterusnya. Berbagai protocol yang terlibat dalam mengirimkan sebuah transmisi menambahkan layer informasi header dari mereka sendiri, yang dapat diinterpretasikan oleh protocol yang terkait pada alat yang menerima.
PDU Protokol Data Unit: Proses-Proses pada setiap layer dari medel OSI. PDU pada layer Transort disebut segmen; PDU pada layer network disebut paket atau diagram; dan PDU pada layer Data Link disebut frame. Layer physical menggunakan bit-bit.
Physical layer Layer terendah-layer1-dalam model referensi OSI, bertanggung jawab untuk mengubak frame-frame data dari layer Data Link (layer 2) menjadi sinyal-sinyal listrik protocol-protokol dan standar-standar layer Physical mendifinisikan, sebagai contoh, jenis kabel dan konektor yang digunakan termasuk pemilihan pn dan skema enconding untuk pensinyalan nilai 0 dan 1. Lihat juga: Application Layer, Data Link Layer, Network Layer, Presentasion Layer, Session Layer Dan Transport Layer.
Presentation layer Layer 6 dari model referensi OSI, mendefinisikan bagaimana data di-format, dinyatakan, di-encode dan diubah untuk digunakan oleh software pada layer Aplikasi. Lihat juga: Application Layer, Data Link Layer, Network Layer, Physical Layer, Session Layer Dan Transport Layer.
Protocol Dalam networking, spesifikasi dari sebuah kumpulan aturan untuk sebuah tipe komunikasi tertentu. Istilah ini juga digunakan untuk mengacu pada software yang mengimplementasikan sebuah protocol.
reliability Seperti IGRP, EIGRP hanya menggunakan bandwidth dan delay dari sambungan untuk menentukan jalur terbaik ke sebuah network remote, secara default. Namun, EIGRP dapat menggunakan sebuah kombinasi dari bandwidth, delay, beban, dan reliability dalam pencarian jalur terbaik ke sebuah network remote. Reliability mengacu pada reliability dari link untuk setiap network remote.
Reliable Transport Protocol (RTP) Protokol ini digunakan dalam protocol routing EIGRP, bertanggung jawab untuk pengiriman paket-paket EIGRP yang teratur dan terjamin ke semua tetangga.
Ring Dua atau lebih stasion yang terhubung dalam sebuah topologi melingkar logic. Dalam topologi ini , yang menjadi dasar untuk Token ring, FDDI, dan CDDI, informasi dipindahkan dari stasion ke stasion secara berurutan.
Ring topology Sebuah topologi logical yang terdiri dari serangkaian repeater yang membentuk sebuah loop tertutup degan menghubungkan link-link transmisi yang satu arah. Setiap stasion pada network dihubungkan dengan network pada sebuah repeater. Secara fisik, topologi ring biasanya diorganisir dalam sebuah topologi bintang loop tertutup (closed-loop star). Bandingkan dengan: bus topology dan star topology.
RIP Routing Information Protocol: Protokol gateway interior yang paling umum digunakan dalam Internet. RIP menggunakan jumlah hop sebagai metric routing. Lihat juga: Enhanced IGRP, IGP, OSPF dan hop count.
RJ connector registered jack connector: Digunakan dengan kabel twisted-pair untuk menghubungkan kabel tembaga ke kartu interface network, switch, dan hub.
Rolled cable Tipe pengkabelan yang digunakan untuk menghubungkan port COM dari sebuah PC ke port konsol dari sebuah router atau switch.
Routed protocol routed protocol (seperti IP dan IPX) digunakan untuk mentransmisikan data user melalui sebuah iternetwork. Berbeda dengan itu, routing protocol (seperti RIP, IGRP DAN OSPF) digunakan untuk meng-update tabel routing antara router-router.
Router Sebuah mekanisme layer network, bisa berupa software atau hardware, yang mengunakan satu atau beberapa metric untuk menentukan jalur terbaik untuk digunakan bagi transmisi dari lalu lintas network. Mengirimkan paket-paket diantara network-network yang dilakukan oleh router, didasarkan pada informasi yang disediakan pada layer Network.Dalam sejarahnya, alat ini kadang disebut sebagai sebuah gateway.
Routing Proses melakukan forwading paket-paket yang memiliki alamat logical dari subnetworkasal paket tersebut, ke tujuan akhirnya. Dalam network yang besar, banyaknya tujuan sementara yang dilalui oleh paket sebelum mencapai tujuan akhirnya dapat mengakibatkan routing menjadi sangat rumit.

Routing protocol protocol apa pun yang mendefinisikan algoritma yang digunakan untuk melakukan update table rounting diantar router-router. Contohnya adalah IGRP, RIP, dan OSPF.

Routing table Sebuah tabel yang disimpan dalam sebuah router atau mekanisme internetwork lainnya yang memelihara sebuah catatan dari hanya rute-rute terbaik yang mungkin, ke tujuan network tertentu and metrik-metrik yang diasosiasikan dengan rute-rute tertentu.

Session layer Layer 5 dari model referensi OSI, bertanggung jawab untuk membuat, mengelola, dan mengakhiri session-session antara aplikasi-aplikasi dan mengawasi pertukaran data antara entitas-entitas layer, Presentation. Lihat uga: Aplication layer, Data Link layer, Network layer, Physical, Presentation layer, dan Transport layer.

Simplex Sebuah mode dimana data atau sinyal digtal ditransmisikan. Simplex adalah sebuah cara melakukan transmisi hanya dalam satuarah. Half duplex melakukan transmisi dalamdua arah tetapi hanya satu arah pada setiap saat. Full duplex melakukan trasmisi dalamdua arah secara brsamaan.

Sliding window Metode flowcontrol yang digunaan oleh TCP, seperti juga beberapa protocol layer data link. Metode ini menempatkan sebuah buffer diantara aplikasi penerima dan aliran data network. “Window” yang tersedia untuk menerima data adala ukuran bufr dikurangi dengan jumlah data darinya dan berkurang jika data baru dikirim. Penerima mengirimkan pemberitahuan kepada pengirim tentang ukuran window saat itu, dan penerima mungkin menghentikan penerimaan data window meningkat diatas sebuah ambang tertentu.

SMTP Simple Mail Transfer Protocol: Sebuah protocol yang digunakan pada Interne untuk menyediakan layanan mal elektronik.

SNA System Netwok Architecture: Sebuah arsitektur network yan kompleks dan kaya dengan fitur, yang mirip dngan model referensi OSI tetapi dengan beberapa variasi: dibuat oleh IBM pada tahun 1970-an dan pada dasarnya terdiri dari tjh layer.

SNAP Subnetwork Access Protocol: SNAP adalah sebuah frame yang digunakan dalam LAN Ethernet, Token Ring, dan FDDI. Transferdata, manajemen koneki, dan pemilihan QoS adalah tiga fungsi utama yang dilakukan oleh frame SNAP.

SNMP Simple Network Management Protocol: Protokol ini melakukan polling agen-agen atau ala-alat SNMP untuk data statistik dan environmental . Data ini dapat termasuk temperaur alat, nama, statistic untuk kerja, dan lebih banyak lagi. SNMP bekerja dengan objek-objek MB yang terdapat pada agen-agen SNMP. Informasi ini di-querry dankemudian dikirimkan ke server SNMP.

Star topology Sebuah topolgi Fisikal LAN dengan titik-titik ujug pada network berkumpl pada sbuah alat network pusat (dikenal sebagai sebuah hub) menggunakan link titik-ke-titik. Sebah topologi ring dapat dikonfigurasikan sebagai sebuah topologi bintang fisik menggunakan sebuah topologi bintang loop tertutup satu arah, dari pada menggunakan link titik-ke-tiik. Koneksi didalam hub diatur dalam sebuah ring internal. Lihat juga: bus topology dan ring topology.

Straight through cable Tipe kabel Ethernet yang menghuungkan sebuah host ke sebuah switch, host ke sebuah hub, atau router k sebuah switch atau hub, atau router ke sebuah switch atau hub.

TCP Transmission control Protocol: sebuah protocol connection-oriented yang didefinisikan pada layer transport dari model refernsi OSI. Menyediakan pengiriman yang dapat diandalkan.

TCP/IP Transmission Control Protocol:

TFTP Trivial File Transfer Protocol: Secara konseptual, sebuah versi FTP yang disederhanakan; merupakan protocol yang dipilih jika Anda mengetahui secara pasti apa yang Anda inginkan dan dimana ada mendapatkannya.TFTP tidak menyediakan sejumlah fungsi seperti di FTP. Secara khusus. TFTP tidak memiliki kemampuan browsing directory; ia tidak bisa melakukan apa-apa kecuali mengirim dan menerima file-file.

Thicknet Juga disebut 10base2. Network bus yang menggunakan kabel koaksial tebal dan menjalankan akses media Ethernet sampai 185 meter.

Thinnet Juga disebut 10Base5. Network bus yang menggunakn kabel koaksial tebal dan mnjalankan Ethernet sampai185 meter.

Three-way handshake Istilah yang digunakan dalam sebua session TCP untuk mendefinisikan bagaimana sbuah rangkaian virtual di set-up. Diseut jabat tangan “tiga cara” krena menggunakantga buah segmen data.

Token Sebuah frame yang berisi hanya informasi control. Memiliki informasi ontrlini memberikan izin keada sebuah alat network untuk melakuka transmisi data pada ntwork tersebut. Lihat juga: token pasing.

Token ring Teknologi LAN token-pasing dari IBM. Berjalanpada 4 Mbps atau16 Mbps melalui sebuah topologi ring. Didefiisikan secara formal oleh IEEE802.5. Lihat juga: ring tpology dan token passing.

Transparent bridging Skema bridging yang digunakan di network Ethernet dan IEEE 802.3, ia melewatkan frame-frame pada sebuah hop untuk setiap kali, meggunakan ifrmasi bridging yang disimpan dalam tael-tael yang mengasosiasikan alamat-alamat MAC node akhir dnga port-port dari bridge. Tipe bridging ini dianggap trasparan karena node sumber tidak mngetahui bahwa ia telah melewati proses bridging, karena frame-frame ditujukan secara langsung ke node akir. Berlawanan dengan: SRB.

Transport layer Layer 4 dari model refrensi OSI, digunakan untuk komunikasi yang dapat diandalkan antara node-node akhir melalui network. Layer transport menyediakan mekanisme yang dgunakan untkmembuat, memelihara, dan mengakhiri rangkaian-rangkaian virtual, mengangkut deteksi kesalahan dan recovery, dan mengendalikan aliran informasi. Lihat juga: Applicaton layer, Datalink layr, Network layer, Phisiycal layer, Presentation layer, dan Session layer.

UDP User Datagram Protocol: Sebuah protocol layer Transport yang connectionless dalam susunan protocol TCP/IP yang memperbolehkan datagram-datagram untuk dipertukaran tanpa acknowledgment atau jaminan pengiriman, yang mana membutuhkan protokol-protokol lain untuk menangani pemrosesn error dan transmisi ulang. Udp didefinisikan dalam RFC 768.

UTP unshielded twisted-pair. Pengkabelan tembaga yang digunakan dalam network kecil sampai besar untuk menghubungkan alat-alat host ke hub-hub dan switch-switch. Juga digunakan untuk menghuugkan switch ke switch ke hub.


Virtual circuit (VC) sebuah rangkaian logkal yang dibuat untuk memastikan komunikasi yang dapat diandalakan diantara dua alat pada sebuah network. Didefinisikan oleh sebuah virtual path identifier (VPI/VCI), sebuah rangkaian virtualdignaka dalamframe relay dan x.25. Dikenal sebagai kanal vitual dalam ATM. Lihat juga: PVC dan SVC.

Virtual ring Dalam sebuah network SRB, sebuah koneksi logical anatara ring-ring fisik, baik local maupun remote.

WAN Wide rea Network. Adalah sebuah pengaturan yang digunakan untuk menghubungkan LAN-LAN bersama-sama melali sebuah network DCE ( data communication equipment). Buasanya sebuah WAN adalah sbuah koneksi leased lineatau dial-up yang melalui sebuah netwok PSTN. Contoh-contoh dari protocol WAN trmasuk frame relay, PPP, ISDN dan HDLC.

Windowing Metode flow-control yang digunakan dengan TCP pada layer transport dari model OSI.

Sunday, April 26, 2009

Parallel Port Computer & Pemrogramannya Dengan VB6.0

Parallel Port Computer & Pemrogramannya Dengan VB6.0
Pendahuluan

Port Parallel banyak digunakan dalam berbagai macam aplikasi Interface. Port ini membolehkan kita memiliki masukan hingga 8 bit atau keluaran hingga 12 bit pada saat yang bersamaan dengan hanya membutuhkan sedikit rangkaian eksternal sederhana untuk melakukan suatu tugas tertentu.

Port Parallel ini terdiri dari :

a. 4 Jalur Kontrol.

b. 5 Jalur Status.

c. 8 Jalur Data.

Port parallel terbaru yang distandarisasi dengan IEEE.1284 yang dikeluarkan pada tahun 1984, mendifinisikan 5 macam mode operasi sebagai berikut :

1. Mode Kompatibilitas

2. Mode Nibble

3. Mode Byte

4. Mode EPP

5. Mode ECP

Tujuan Standarisasi ini adalah untuk mendesain driver dan perlatan yang baru sehingga kompatibel dengan peralatan lainnya dan standard parallel port sebelumnya (SPP) yang diluncurkan pada tahun 1981.

Mode Kompatibilitas, Nibble, dan Byte digunakan sebagai standard perangkat keras yang tersedia di port parallel original. Sedangkan untuk EPP dan ECP membutuhkan tambahan hardware sehingga mampu bekerja dengan kecepatan tinggi.

Mode Kompatibilitas atau sering disebut “Centronics” hanya dapat mengirimkan data pada arah maju (dari Host ke device external) dengan kecepatan 50 Kbyte sampai 150 Kbyte perdetik. Untuk menerima data harus diubah modenya menjadi mode Nibble atau Byte. Mode Nibble dapat menerima data 4 bit (Nibble) sedangkan mode Byte dapat menerima data 8 bit (1 byte).



Penjelasan Umum Port Parallel

Port ECP dan EPP menggunakan tambahan hardware untuk menghasilkan dan mengatur handshaking (Sinyal – Sinyal tanda acknowledge).

Untuk mengeluarkan sebuah byte ke port parallel dengan menggunakan Mode Kompatibel, maka software harus mempunyai urutan kerja sebagai berikut:

Tuliskan data byte ke jalur Port Data
Periksa apakah printer sedang sibuk?, jika printer sibuk maka printer tidak akan menerima data, yang akan mengakibatkan data hilang.
Menjadikan sinyal Strobe (pin 1) menjadi Low (=0), hal ini berguna untuk memberitahu ke printer bahwa ada data yang siap dikirimkan pada jalur Port Data (pin 2 s/d pin 9)
Jadikan kembali sinyal Strobe High (=1) setelah menunggu kira – kira 5 microsecond dari keadaan pada langkah 3.
Protokol EPP mempunyai empat macam siklus transfer data yang berbeda, yaitu :

Siklus baca data (Data Read)
Siklus baca alamat (Address Read)
Siklus tulis data (Data Write)
Siklus tulis alamat (Address Write)
Siklus data digunakan untuk mentransfer data antara host dan periperal. Siklus alamat digunakan untuk mengirimkan alamat saluran (channel) atau informasi perintah dan kontrol.

Sesuai dengan standard IEEE 1284 ada tiga jenis parallel port yang bisa digunakan :

1284 Tipe A adalah konektor DB-25 yang banyak dijumpai pada komputer-komputer saat ini
1284 Tipe B adalah konektor Centronics 34 Pin yang banyak dijumpai pada printer
1284 Tipe C adalah konektor 36 Pin yang mirip dengan Centronics namun lebih kecil. Konektor ini diklaim memiliki pengunci (Latch) jenis klip (Clip), sifat elektrik yang lebih baik dan mudah dirakit. Juga mengandung pin tambahan yang dapat digunakan untuk mendeteksi apakah piranti yang terpasang memiliki daya atau tidak.
Dadftar pin DB-25 dan Centronics (PS = Printer Status, PC = Printer Control)

Pin 1. = Strobe’ (Register PC0’)

Pin 2. = Data 0 (Register Data)

Pin 3. = Data 1 (Register Data)

Pin 4. = Data 2 (Register Data)

Pin 5. = Data 3 (Register Data)

Pin 6. = Data 4 (Register Data)

Pin 7. = Data 5 (Register Data)

Pin 8. = Data 6 (Register Data)

Pin 9. = Data 7 (Register Data)

Pin 10. = ACK (Register PS6)

Pin 11. = Busy’ (Register PS7’)

Pin 12. = Paper Out / Paper End (Register PS5)

Pin 13. = Select (Register PS4)

Pin 14. = Autofeed’ (Register PC1’)

Pin 15. = Error (Register PS3)

Pin 16. = Initialize (Register PC2)

Pin 17. = Select in’ (Register PC3)

Pin 18-25. = Ground

Keluaran dari port parallel adalah keluaran TTL, sedangkan arus Sink / Source bervariasi antara port parallel satu dengan yang lainnya. Berdasarkan data sheet kemampuan arus Sink / Source bermacam – macam

Sink / Source 6mA
Source 12mA Sink 20mA
Sink 16mA Source 4mA
Sink / Source 12mA
Dengan keterbatasan arus port parallel maka diperlukan rangkaian buffer (penyangga) sehingga tidak membebani arus dari port parallel untuk menyuplai rangkaian luar.



Alamat – Alamat Port Parallel

Alamat (dalam format Hexa) 3BC-3BF = Digunakan untuk Port Parallel yang terpadu dengan kartu – kartu Video, tidak mendukung – mendukung alamat alamt ECP
Alamat (dalam format Hexa) 378-37F = Biasa digunakan untuk LPT1
Alamat (dalam format Hexa) 278-27F = Biasa digunakan untuk LPT2

Alamat dasar 3BCh pertama kali diperkenalkan sebagai alamat port parallel pada card – card video lama.LPT1 biasanya memiliki alamat dasar 378, sedangkan alamat LPT2 adalah 278. ini adalah alamat umum yang biasa dijumpai, namun alamat dasar ini bisa berlainan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Setelah diketahui alamat dari port parallel, maka dapat ditentukan alamat DP (Data Printer), PC (Printer Control) dan PS (Printer Status). Alamat DP adalah base address dari port parallel tersebut, alamat PS adalah (base address + 1), sedangkan alamat PC adalah (base address +2).

List dibawah adalah tabel alamat untuk DP, PC dan PS dengan LPT mempunyai base address 378h

LPT1 DP = Alamat Register 378h / 888
LPT1 PS = Alamat Register 379h / 889
LPT1 PC = Alamat Register 37Ah / 890


Register - register Port Parallel

Register Data Port Parallel ( 378h )

Bit 7 (Data 7)
Bit 6 (Data 6)
Bit 5 (Data 5)
Bit 4 (Data 4)
Bit 3 (Data 3)
Bit 2 (Data 2)
Bit 1 (Data 1)
Bit 0 (Data 0)

Register Status Port Parallel ( 378h )

Bit 7 (Busy’)
Bit 6 (Ack)
Bit 5 (Paper Out)
Bit 4 (Select)
Bit 3 (Error)
Bit 2 (IRQ’)
Bit 1 (Not Used)
Bit 0 (Not Used)

Register Kontrol Port Parallel ( 378h )

Bit 7 (Not Used)
Bit 6 (Not Used)
Bit 5 (Aktivasi Port Dwi Arah)
Bit 4 (Aktivasi IRQ melalui jalur Ack)
Bit 3 (Select In’)
Bit 2 (Reset / Inisialisasi)
Bit 1 (Autofeed’)
Bit 0 (Strobe’)
Mode – Mode Port Parallel Dalam Bios

Saat ini kebanyakan port parallel merupakan port – port dengan beragam mode dan normalnya dapat dikonfigurasi melalui perangkat lunak. Mode – modenya meliputi :

a. Mode Printer (Default / Normal Mode)

Mode Printer merupakan mode yang paling dasar dan merupakan port parallel standard satu arah. Tidak ada fitur dwi – arah sehingga bit-5 pada port kontrol tidak digunakan

b. Mode Standard & Bi-directional (SPP)

Mode ini merupakan mode dwi-arah. Menggunakan mode ini berarti bit-5 difungsikan untuk membalikkan arah port sehingga dapat membaca kembali nilai yang diberikan pada jalur port data parallel

c. Mode EPP1.7 and SPP

Mode ini merupakan suatu kombinasi dari mode EPP1.7 (Enhanched Parallel Port) dan SPP. Pada mode ini diperbolehkan untuk mengakses register – register SPP (data, status, kontrol) serta register – register EPP. Pada mode ini juga diperbolehkan untuk membalikkan arah port menggunakan bit-5 dari register kontrol. EPP1.7 merupakan versi awal dari EPP yang belum dilengkapi dengan bit untuk time out

d. Mode EPP1.9 and SPP

Seperti mode sebelumnya, hanya saja EPPnya menggunakan versi 1.9 yang sudah dilengkapi dengan bit time-out

e. Mode ECP

Mode ini mempunyai kemampuan tambahan (Extended Capabilities Port). Mode ini dapat diset melalui register kontrol tambahan (Extended Control Register) dari ECP. Hanya saja pada mode ini tidak tersedia mode EPP.

f. Mode ECP and EPP1.7

g. Mode ECP and EPP1.9

Pada kedua mode diatas, tetap menggunakan ECP yang dikombinasi dengan EPP, akan tetapi mode EPP yang digunakan bisa ditentukan lewat ECR (Extended Control Register)nya apakah menggunakan Versi 1.7 atau Versi 1.9



Pengaksesan Port Parallel Dengan VB

Sebelum melangkah lebih jauh, kita harus melihat dulu beberapa keterbatasan dalam VB. Karena VB tidak bisa mengakses hardware secara langsung dalam system operasi windows, maka semua permintaan pengaksesan hardware harus melalui windows.Oleh karena itu harus menggunakan program eksternal untuk melakukan pengaksesan hardware secara langsung pada program. Program tersebut berupa file DLL (Dynamic Link Library)

File DLL ini harus diletakkan (di copy-kan) ke direktori / folder “ //windows/system “ atau diikutkan dalam satu folder program yang kita buat.

File DLL yang akan digunakan nanti adalah "inpout32.dll“ Sebelum kita menggunakan fungsi – fungsi yang ada dalam file DLL ini terlebih dahulu harus di deklarasikan di VB kedalam module.

Cara mendeklarasikannya adalah :

Public Declare Function Inp Lib "inpout32.dll" _

Alias "Inp32" (ByVal PortAddress As Integer) As Integer

Public Declare Sub Out Lib "inpout32.dll" _

Alias "Out32" (ByVal PortAddress As Integer, ByVal Value As Integer)

Jika file DLL tersebut telah dideklarasikan seperti diatas, maka fungsi Out (untuk mengeluarkan data) dan Inp (untuk membaca data) siap digunakan pada VB. Untuk mengirim data pada port parallel, digunakan fungsi Out . Sintak penulisannya adalah sebagai berikut :

Out [Alamat Port], [Nilai]

Perintah diatas membutuhkan dua parameter, yaitu alamat port dan nilai data yang dikirimkan pada port tersebut.Karena tiap port hanya 8 jalur data, maka hanya bisa mengirim nilai maksimum = 255 (FFh/11111111b) ke port yang diinginkan

Contoh berikut mengilustrasikan cara men-set bit ke port parallel

Out &H378, 1 à Men-set bit 0 pada port parallel (alamat 378h)

‘1 = 0000 0001b

Out &H378, 2 à Men-set bit 1 pada port parallel (alamat 378h)

‘2 = 0000 0010b

Out &H378, 4 à Men-set bit 2 pada port parallel (alamat 378h)

‘4 = 0000 0100b

Out &H378, 8 à Men-set bit 4 pada port parallel (alamat 378h)

‘8 = 0000 1000b



Untuk men-set bit lebih dari satu bit

Out &H378, 7 à Men-set bit 0,1,2 pada port parallel (alamat 378h) ‘7 = 0000 0111b

Setiap kita menset bit dengan cara diatas maka keadaan bit yang lainnya akan terhapus, untuk mengatasi hal ini akan diselesaikan dengan bantuan perintah Inp

Cara membaca data dari port parallel adalah sama mudahnya, sintak penulisannya adalah sebagai berikut :

Text1.Text = Inp(&H378)

[Variabel Simpan] = Inp [Alamat Port]

Setelah mengetahui cara membaca data di port parallel, maka dengan bantuan cara tersebut bisa digunakan untuk menset satu bit tertentu tanpa merubah nilai bit lainnya.

Private Sub Command5_Click()

Dim input_sementara, nilai_Baru As Byte

input_sementara = Inp(&H378)

nilai_Baru = input_sementara Or 1

Out &H378, nilai_Baru

End Sub

article source :http://iddhien.com/index.php?option=com_content&task=view&id=65&Itemid=106

Tuesday, April 21, 2009

WARNA PRINTER TIDAK SESUAI KEINGINAN

Permasalahan printer seringkali dialami setiap orang, baik yang awam maupun yang terampil sekalipun, berdasarkan pengalaman saya , serta dari berbagai sumber yang legal ada beberapa masalah yang harus diperhatikan :

1. Adanya kesalahan tempat warna ( tertukar )pada saat mengisi tinta.
2. Dalam mengisi tinta ke cartridge terlalu banyak sehingga bercampur dengan warna sebelahnya,
3. coba lakukan maintenance head cleaning untuk memancing keluarnya warna, jika belum keluar juga , perlu dilakukan perendaman kepala head dengan menggunakan cairan head cleaner agar tinta warna yang mengering /menggumpal di kepala head bisa mencair
4. jangan menunggu seluruh tinta habis jika ingin mengisi tinta,
5. Bersihkan penampung (absorber) tinta dari tinta yang menggenang.

Sunday, April 19, 2009

Display Monitor tdk Jelas


Monitor berperan penting dalam menampilkan output yang diproses cpu, karena itu apabila terjadi Problem pd monitor akan mengganggu kinerja bahkan bisa bisa merusak mata kita ,apabila pada saat pertama kali dinyalakan setiap menyalakan komputer, gambar di Monitor berbayang dan ga jelas (tampak kabur/buram)seperti orang berkacamata yang tidak memakai kacamata. dan butuh waktu sekitar 15 menit baru gambar pada monitor
bagus kembali. ini terjadi setiap menyalakan komputer, maka bisa dipastikan ada komponen monitor yang sudah soak, pada kasus ini jelas mengarah ke flyback monitor , flyback monitor berperan memancarkan elekrtroda ke bagian tabung , kekuatannya bisa ribuan volt dc , jadi sangat sulit kita untuk memperbaikinya sendiri , bahkan disarankan untuk menservis pada bengkel yang melayani khusus monitor. walaupun tidak ada salahnya menservis di bengkel tv sebelah rumah .

biasanya flyback akan di cangkok apabila tidak ditemukan sparepartnya.

Monday, April 6, 2009

Cartridge printer mampet






Tinta menyumbat di Printhead
Permasalahan utama dalam mengisi ulang tinta untuk HP, Canon dan Lexmark printer adalah pengeringan tinta. Jika sebuah cartridge HP dibiarkan kosong lebih dari 30 menit, tinta akan mengering dan menyumbat lubang-lubang kecil pada printhead. Ketika direfill, hasil print akan dipenuhi garis putus atau gangguan lainnya.

Jika anda tidak bisa langsung mengisi ulang cartridge anda, masukan dalam plastic kedap udara, kalau bisa tambahkan didalam plastic tersebut dengan secarik kain lembab hingga waktunya tinta diisi ulang.

Jika nozzle-nozzle tersumbat atau tertutup tinta yang mengering, anda harus menghilangkan tinta dan melarutkan kembali tinta mengering tersebut. Sebuah lubang nozzle hanya mempunyai diameter sekitar 45 microns, yang kurang lebih hanya setengah diameter rambut manusia.

Rendam dan siram/alirkan.
Menyiram dan menggenangi dengan cairan pembersih hangat/panas di printhead biasanya merupakan jalan terbaik untuk melancarkan penyumbatan-penyumbatan yang menyulitkan. Ada peralatan-peralatan untuk melakukan ini dengan harga yang relatif mahal, berkisar dari 2,5 juta rupiah hingga 200 juta rupiah. Cairan yang umum dipakai untuk merendam printhead adalah air destilasi atau alcohol ataupun larutan ammonia hingga cairan pembersih khusus untuk keperluan ini. Rendam printhead selama 10 menit hingga sehari penuh tergantung penyumbatan yang terjadi. Juga disebutkan anda dapat membersihkan printhead dengan sikat gigi elektrik dan cairan khusus selama sekitar 20 detik dengan hasil yang memuaskan. Ingat jika kita merendam, cukup printheadnya saja yang terendam, jangan semua bagian cartridge. Itu tidak perlu dan merusak. Juga, jangan memakai air biasa, karena air biasa mengandung mineral yang malah dapat menggangu kinerja cartridge bila terjadi pengendapan.



Membersihkan dengan uap air

Alat semprot uap tersedia di toko-toko obat atau alat kesehatan. Alat-alat ini sangatlah bagus untuk membersihkan nozzle dalam printhead karena uap-uap yang dilepaskan berasal dari lubang-lubang dengan ukuran yang mendekati ukuran nozzle dalam printhead. Uapi selama kurang lebih 30 detik hingga 5 menit, tergantung kadar pengendapan dan penyumbatan.


Hasil print tidak sempurna.
Jika setelah anda menempelkan printhead pada kertas tisu dan dapat melihat noktah-noktah tinta namun masih mengalami hasil print yang buruk, maka hal tersebut bisa karena alasan dibawah ini.

Didalam cartridge terdapat komponen resistor yang kemungkin besar telah terbakar karena overheating. Cartridge semacam ini sudah tidak bisa dipakai lagi. Buang saja dan beli baru. Kita tidak akan bisa mengisi ulangnya lagi dengan mengharapkan hasil yang tetap bagus. Untuk tipe cartridge yang menggunakan tekanan dalam mengalirkan tinta, mungkin terjadi kelebihan atau kekurangan tekanan di dalam cartridge. Hal ini bisa disebabkan lubang/celah yang tidak seharusnya terdapat pada badan cartridge, atau cara pengisian dilubang yang salah.

Untuk Printhead yang bisa terlepas
Jika printer anda memiliki printhead yang dapat dilepas, misalnya BC-21e, anda tinggal mengisi ruang kosong diatas printhead dengan air destilasi panas ( ingat jangan gunakan air biasa, karena air biasa terutama PAM dan airtanah mengandung banyak mineral yang bisa malah menambah sumbatan yang ada ) dan letakan diatas kain bersih kering untuk membiarkan tetesannya menyerap keluar printhead. Akhiri langkah-langkah ini dengan melakukan perintah head cleaning rutin dari maintenance program driver printernya beberapa kali.

Menghilangkan udara yang terperangkap didalam cartridge
Anda telah melakukan semua langkah-langkah diatas namun tetap hasil print tidak memuaskan, maka kemungkinan lain yang terjadi adalah terdapat udara yang terperangkap dalam printhead cartridge anda. Jika dalam proses pengisian ulang tinta anda menyuntikkan tinta terlalu cepat bisa terjadi busa atau gelembung tinta. Gelembung tersebut berisi udara yang juga menyebabkan penyumbatan ( gelembung udara memiliki kekuatan untuk menahan aliran tinta ). Solusinya simple saja yakni dengan mendiamkan cartridge seperlunya ( bisa berhari-hari ) dan permasalahan bisa menghilang dengan sendirinya karena udara dalam cartridge sudah stabil. Bila tidak bisa juga, berarti ada resistor yang terbakar.

Gunakan gaya sentrifugal untuk menghilangkan udara dalam cartridge.
Untuk beberapa jenis cartridge yang menggunakan sponge di dalamnya paling mungkin menyebabkan gelembung udara dibawah cartridge yang bisa menghalangi aliran tinta. Jenis printer yang terkenal sering menghadapi masalah ini adalah HP Canon dan Epson ( tipe lama ).


Dan ini solusinya. Bungkus cartridge dalam handuk atau kain bersih, masukan dalam kantung plastik untuk mencegah tinta memercik kemana-mana. Pegang dengan kuat cartridge yang sudah terbungkus rapi dengan printheadnya atau lubang keluar tinta menghadap ke bawah. Hentakan dengan keras kearah tanah seperti akan melemparnya ke lantai ( tentu saja jangan sampai terlepas ). Bantu juga dengan hentakan dari pergelangan tangan. Lakukan ini beberapa kali. Buka bungkus kain yang melilit dan perhatikan bercak tinta yang terlihat, apakah sudah sesuai dengan warna tinta di dalam cartridge ( biasanya untuk cartridge warna terdapat 3 bercak sesuai lubang head warnanya masing-masing ). Jika masih belum terdapat bercak yang sesuai, lakukan kembali prosedur ini.

Membersihkan sponge dalam cartridge.

Suntikkan 15 ml air destilasi/etanol dalam cartridge ( tentu saja cartridge dalam keadaan kosong ), kemudian sedot kembali secepatnya. Ethanol sendiri akan menguap dengan cepat jadi mungkin sedikit saja yang bisa disedot keluar. Isikan kembali tinta dalam cartridge. Kekurangan dalam langkah ini adalah sifat dasar alcohol yang bereaksi dengan plastic dan karet, jadi usahakan hanya menggunakan air destilasi hangat saja.

Cartridge yang “terbakar”

Banyak cartridge yang menggunakan printhead di dalam cartridgenya sendiri menggunakan resistor elektrik untuk mengontrol jalur tinta dalam masing-masing nozzle. Jika kita membiarkan resistor ini tetap bekerja meski cartridge sudah tidak terisi tinta, resistor yang sangat kecil ini akan terbakar yang mengakibatkan kualitas cetak yang parah, warna yang terdistorsir dan lain-lain.
Yang tidak banyak diketahui umum adalah tinta yang berada dalam printhead sesungguhnya menjadi komponen pendingin untuk mencegah resistor-resistor ini terbakar. Jika tinta sudah habis dan kita tetap melakukan printing, terjadilah overheating. Dan jika hal ini dibiarkan terus menerus akan membakar resistor tersebut. Setiap overheating ini terjadi, umur cartridge anda semakin pendek pula. Karena itu untuk memperpanjang umur cartridge anda, jangan memaksakan melakukan printing bila tinta diduga habis.
Solusinya bila cartridge terbakar terjadi adalah, tentu saja, membeli cartridge baru .

Warna yang tercampur.


Jika terdapat udara dalam nozzle, tinta didalam satu atau lebih nozzle dengan mengikuti hukum gaya kapiler akan tertarik masuk ke tempat dimana nozzlenya kosong dan mekontaminasi ruangan tersebut. Hasilnya, tinta yang berlainan warna akan mencemari ruangan tersebut dan ketika dilakukan printing, akan dihasilkan warna yang salah. Mengisi tinta dengan jumlah berlebihan juga bisa mengakibatkan hal ini. Jika sudah tercemar parah, hal yang bisa dilakukan hanyalah membersihkan sponge dalam cartridge tersebut, meski biasanya warna yang mencemari tetap sedikit tertinggal. Jika hanya terjadi sedikit pencemaran, bisa dilakukan dengan menyedot printhead warna yang tercampur sesegera mungkin. Atau cara yang cukup sederhana yakni membungkus printhead dengan kain bersih lembab semalaman dan diamkan. Setelah itu lakukan perintah head cleaning sesuai program dalam driver printer tersebut.
Untuk pencemaran yang sudah parah, setelah melepas sponge dalam cartridge dan mencucinya dengan akohol/etanol, jangan lupa mengeringkan dan membersihkan juga ruangan kosong tempat sponge tersebut sebelum meletakan kembali sponge-nya. Kalau perlu, cuci ruangan kosong tersebut dengan air destilasi hangat, atau bila diperlukan juga, diamkan terendam beberapa saat dengan posisi printhead menghadap bawah.


Tips for Refilling Color Cartridges
Biasakan mengisi tinta dengan suntikan secara sangat sangat perlahan sehingga tidak terjadi gelembung udara dalam cartridge. Gelembung udara akan menyulitkan setiap cartridge, terutama tri-color cartridge bisa menyebabkan tinta mengalir diantara nozzle-nozzlenya. Jika baru selesai diisi tinta, dan tidak terdapat genangan tinta pada printhead, biasakan untuk mendiamkan cartridge hingga 8 jam sebelum mulai menggunakannya.


Test tusuk gigi
Sebelum kita mengisiulang cartridge 3-color, sebaiknya kita menggunakan tiga tusuk gigi dan memasukkannya satu persatu kedalam setiap lubang pengisian untuk mengecek terlebih dahulu warna apa sebenarnya dalam ruang pengisian tersebut. Hal ini kadang disepelekan padahal jika sampai warna tercampur, untuk memperbaikinya kembali akan sangat menyita waktu dan kadang biaya juga.

Hasil print hitam kehijau-hijauan.

Beberapa printer menggunakan satu cartridge warna untuk menghasilkan hasil cetak warna hitam. Contoh jenis printer seperti ini adalah Lexmark 1000, HP 400/600 dan Canon 210/240/260. Ketika tiga warna ini bercampur seharusnya akan menghasilkan warna hitam. Ini yang disebut sebagai warna hitam komposit. Namun yang sering terjadi adalah hitam yang kehijau-hijauan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan ketepatan warna dasar yang kita pakai sebagai tinta refill kita. Beberapa pabrikan tinta mempunyai formula khusus dimana akan dihasilkan warna hitam pekat apabila menggabungkan ketiga warna C/Y/M. Jika tidak terjadi, coba tambahkan 10% air destilasi kedalam tinta kuning ( yellow ). Langkah ini akan menghasilkan hitam yang lebih pekat, namun efek sampingnya akan menghasilkan warna yang agak lebih gelap ketika mencetak foto.



Sementara ini tips-tips dari kami semoga berkenan. Akan kami coba update terus tips-tips dan trik-trik disini. Bagi yang berhasil menerapkannya, dan juga yang kurang berhasil ( moga-moga sukses semua ) tolong dibagi pengalamannya agar dapat menjadi pegangan buat yang lainnya.

Untuk yang ingin berbagi info tambahan dan bertanya silahkan diposting disini, dengan senang hati kami akan mencoba membantu meski maaf sebelumnya jika tidak bisa langsung cepat menjawab.

Juga, untuk yang berkenan silahkan say thanks n kirim cendol seger juga diterima dengan senang hati. Salam sukses!!


Video pemasangan infus T-11 dan Pembuatan saluran pembuangan :
Silahkan ditonton / download di mari dan di mari. Moga2 bisa membantu kaskuser yg sedang memasang infus Epsonnya sendiri

Silahkan kunjungi thread Spitzen Ink di FJB, all in tentang printer dan tinta/toner

Friday, March 27, 2009

JANGAN SEPELEKAN FAN



fan berpengaruh besar terhadap kineja prosesor, ini pengalaman saya saat menservis komputer tetangga saya, setelah saya coba tanyakan ke teman saya yang dibilang lebih ahli dari saya . saat itu komputer tidak bisa booting, setelah dichek mulai ganti power suply dan ram tetep saja gak mau hidup.

beberapa jam ngutak atik membuat saya stress .ahire yo pasrah . saya hanya membantu menyelamatkan beberapa data di hardisk yang sangat penting.

saya pulang dengan tangan hampa .

beberapa waktu kemudian saya kembali bertemu dengan tetangga saya dan menyatakan bahwa komputernya sudah bisa digunakan lagi.setelah saya coba tanyakan ternyata cuman fan nya saja yang harus diganti...waah malu bener saya yang pernah memvonis motherboard sama prosessornya......

Thursday, March 26, 2009

Instalasi Windows XP

hidup dizaman serba praktis sekarang ini menuntut kita hidup praktis pula, demikian halnya dalam persoalan instal menginstalasi operating system komputer, terdapat banyak sekali operating sistem komputer desktop /laptop mulai dari yang gratis sampai yang mbayar, diantaranya linux, macOS, dan jagoan software dunia : microsoft windows.

saya anggap microsoft windows solusi operating system yang jago dikarenakan sangat praktis dalam hal penginstalasian sehingga orang dengan kualifikasi rendah sekalipun septerti saya sangat bisa dan mudah untuk menginstal sendiri .

langkah 1.
pada artikel yang pernah saya tulis ( setting bios phoenix)telah dibahas untuk masuk ke sistem bios . ini diperlukan agar kita bisa mengubag settingan untuk booting pertama kali melalui cd windows tersebut.

langkag 2.

setelah setting dirubah first bootnya di CDrom restart dan tekan sembarang tombol untuk masuk ke booting cd.
ikuti langkah langkah yang ditunjukkan pada saat penginstalan,sampai dengan kira kira sekitar 40 menit.

silahkan download artikel lengkap.disini

Tuesday, March 24, 2009

pelangggaran pemilu dimana mana



kpu.go.id

JAKARTA, KOMPAS.com — Walaupun sudah dipagari berbagai aturan, dalam sepekan masa kampanye, berbagai pelanggaran terjadi di berbagai daerah. Pelanggaran yang cukup banyak terjadi terutama menyangkut penyertaan anak-anak dalam kampanye.

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Jawa Timur, misalnya, mencatat 48 pelanggaran administratif dan 11 pelanggaran pidana. Dari total 59 pelanggaran tersebut, sebagian pelanggaran didominasi pelibatan anak-anak dalam kampanye dan pengerahan massa di luar daerah pemilihan.

Ketua Panwaslu Jawa Timur Sri Sugeng Pujiatmiko mengatakan, Panwaslu telah melaporkan pelanggaran-pelanggaran tersebut ke KPU Jawa Timur. Selanjutnya, KPU daerah memiliki waktu tujuh hari untuk memproses laporan tersebut.

Menurut Ketua Panwaslu Kabupaten Kediri Muhammad Anas, tidak sedikit juga pelanggaran administratif dan pelanggaran pidana.

Pelanggaran yang dilimpahkan ke KPU Kediri adalah kasus Wakil Bupati Kediri Sulaiman Lubis yang menjadi juru kampanye PKB, padahal yang bersangkutan tidak pernah mengajukan izin cuti bertugas. ”Adapun kasus yang dilaporkan ke polisi adalah keterlibatan oknum pegawai negeri sipil dalam kampanye salah satu caleg PDI-P,” katanya.

Sementara itu, di Blora, Jawa Tengah, Panwaslu Kabupaten Blora mengungkap siaran kampanye di radio tidak resmi. ”Radio itu milik Partai Perwakilan Daerah (PPD) Kabupaten Blora yang beroperasi di pemancar FM 89,3 MHz,” kata Koordinator Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum Panwaslu Kabupaten Blora Kudnadi. Radio itu kerap menyiarkan program-program partai dan calon anggota legislatifnya. Padahal, radio itu belum memiliki izin siaran radio (ISR) dan izin penyelenggaraan penyiaran (IPP).

”Kami berencana memanggil pemilik radio itu untuk mengklarifikasi lebih lanjut,” kata dia.

Di Gunung Kidul lain lagi. Caleg dari Partai Golkar diadukan telah membagikan uang senilai Rp 60.000 per orang di Dusun Pampang, Kecamatan Paliyan. Kepala Dusun Pampang telah bersedia menjadi saksi untuk tindak lanjut kasus tersebut. ”Kasus sudah kami serahkan ke polisi karena termasuk kategori tindak pidana pemilu,” kata Ketua Panwaslu Gunung Kidul T Martono.

Pelibatan anak-anak dalam kampanye, menurut Martono, telah diserahkan penindakannya kepada KPU Gunung Kidul serta kepolisian. Mayoritas pelibatan anak-anak dilakukan oleh partai politik lama, seperti Partai Amanat Nasional, PDI-P, dan Partai Keadilan Sejahtera.

Kampanye di luar jadwal yang telah ditentukan juga digelar oleh caleg dari Partai Karya Peduli Bangsa, Sukardi, dengan mengumpulkan 50 simpatisan di Balai Dusun Banaran, Playen. Sukardi telah diberi peringatan dan berjanji tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Monday, March 23, 2009

play ps2 di laptop

sebelum memainkan game kesukaan di laptop atau pc kita perlu persiapkan beberapa tool di komputer kita :

1. emulator ps2+bios
2. cd game ps2
3. stick game

jika kita ingin menyimpan cd game dalam komputer ( biar ga sering 2 pake dvd rom )

setelah menginstal emulator tsb konfigurasi terlebih dahulu emulator tsb
jangan khawatir jika kita tidak menggunakan stick gunakan keyboard laptop atau pc juga bisa .

Sunday, March 22, 2009

Artificial Intelegent

Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

silahkan donload materi Ai disini

Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.

Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.

'Kecerdasan buatan' ini bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem kecerdasan, tapi juga mengkonstruksinya.

Tidak ada definisi yang memuaskan untuk 'kecerdasan':

1. kecerdasan: kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya
2. atau kecerdasan yaitu apa yang diukur oleh sebuah 'Test Kecerdasan'

Daftar isi
[sembunyikan]

* 1 Faham Pemikiran
* 2 Sejarah
* 3 Filosofi
* 4 Fiksi sains

[sunting] Faham Pemikiran

Secara garis besar, AI terbagi ke dalam dua faham pemikiran yaitu AI Konvensional dan Kecerdasan Komputasional (CI, Computational Intelligence). AI konvensional kebanyakan melibatkan metoda-metoda yang sekarang diklasifiksikan sebagai pembelajaran mesin, yang ditandai dengan formalisme dan analisis statistik. Dikenal juga sebagai AI simbolis, AI logis, AI murni dan AI cara lama (GOFAI, Good Old Fashioned Artificial Intelligence). Metoda-metodanya meliputi:

1. Sistem pakar: menerapkan kapabilitas pertimbangan untuk mencapai kesimpulan. Sebuah sistem pakar dapat memproses sejumlah besar informasi yang diketahui dan menyediakan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan pada informasi-informasi tersebut.
2. Petimbangan berdasar kasus
3. Jaringan Bayesian
4. AI berdasar tingkah laku: metoda modular pada pembentukan sistem AI secara manual

Kecerdasan komputasional melibatkan pengembangan atau pembelajaran iteratif (misalnya penalaan parameter seperti dalam sistem koneksionis. Pembelajaran ini berdasarkan pada data empiris dan diasosiasikan dengan AI non-simbolis, AI yang tak teratur dan perhitungan lunak. Metoda-metoda pokoknya meliputi:

1. Jaringan Syaraf: sistem dengan kemampuan pengenalan pola yang sangat kuat
2. Sistem Fuzzy: teknik-teknik untuk pertimbangan di bawah ketidakpastian, telah digunakan secara meluas dalam industri modern dan sistem kendali produk konsumen.
3. Komputasi Evolusioner: menerapkan konsep-konsep yang terinspirasi secara biologis seperti populasi, mutasi dan “survival of the fittest” untuk menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik.

Metoda-metoda ini terutama dibagi menjadi algoritma evolusioner (misalnya algoritma genetik) dan kecerdasan berkelompok (misalnya algoritma semut)

Dengan sistem cerdas hibrid, percobaan-percobaan dibuat untuk menggabungkan kedua kelompok ini. Aturan inferensi pakar dapat dibangkitkan melalui jaringan syaraf atau aturan produksi dari pembelajaran statistik seperti dalam ACT-R. Sebuah pendekatan baru yang menjanjikan disebutkan bahwa penguatan kecerdasan mencoba untuk mencapai kecerdasan buatan dalam proses pengembangan evolusioner sebagai efek samping dari penguatan kecerdasan manusia melalui teknologi.

[sunting] Sejarah

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah kecerdasan buatan

Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.

Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.

Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.

Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.

Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.

Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.

[sunting] Filosofi

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Filosofi kecerdasan buatan

Perdebatan tentang AI yang kuat dengan AI yang lemah masih menjadi topik hangat diantara filosof AI. Hal ini melibatkan filsafat pemikiran dan masalah pikiran-tubuh. Roger Penrose dalam bukunya The Emperor's New Mind dan John Searle dengan eksperimen pemikiran "ruang China" berargumen bahwa kesadaran sejati tidak dapat dicapai oleh sistem logis formal, sementara Douglas Hofstadter dalam Gödel, Escher, Bach dan Daniel Dennett dalam Consciousness Explained memperlihatkan dukungannya atas fungsionalisme. Dalam pendapat banyak pendukung AI yang kuat, kesadaran buatan dianggap sebagai urat suci (holy grail) kecerdasan buatan.

[sunting] Fiksi sains

Dalam fiksi sains, AI umumnya dilukiskan sebagai kekuatan masa depan yang akan mencoba menggulingkan otoritas manusia seperti dalam HAL 9000, Skynet, Colossus and The Matrix atau sebagai penyerupaan manusia untuk memberikan layanan seperti C-3PO, Data, the Bicentennial Man, the Mechas dalam A.I. atau Sonny dalam I, Robot. Sifat dominasi dunia AI yang tak dapat dielakkan, kadang-kadang disebut "the Singularity", juga dibantah oleh beberapa penulis sains seperti Isaac Asimov, Vernor Vinge dan Kevin Warwick. Dalam pekerjaan seperti manga Ghost in the Shell-nya orang Jepang, keberadaan mesin cerdas mempersoalkan definisi hidup sebagai organisme lebih dari sekedar kategori entitas mandiri yang lebih luas, membangun konsep kecerdasan sistemik yang bergagasan. Lihat daftar komputer fiksional (list of fictional computers) dan daftar robot dan android fiksional (list of fictional robots and androids).

Seri televisi BBC Blake's 7 menonjolkan sejumlah komputer cerdas, termasuk Zen (Blake's 7), kompuer kontrol pesawat bintang Liberator (Blake's 7); Orac, superkomputer lanjut tingkat tinggi dalam kotak perspex portabel yang mempunyai kemampuan memikirkan dan bahkan memprediksikan masa depan; dan Slave, komputer pada pesawat bintang Scorpio.

Saturday, March 21, 2009

MEMBUAT DHCP ( DYNAMIC HOST CONFIGURATION PROTOCOL ) DENGAN WINDOWS 2000 SERVER

1. DHCP Server
Program – Administrative Tools – DHCP – Action – Add Server – This Server –
Axlindo.stmikserver.com – This Autorized DHCP Server – Ok

2. Apabila Axlindo.Stmikserver.com Berwarna merah ( berarti Server tidak bias
aktif ) – Cursor tempatkan di Axlindo.Stmikserver.com = Click Kanan – Delete
– Ulangi langkah no 1

3. Apabila Axlindo.Stmikserver.com Berwarna hijau ( berarti Server aktif ) –
Cursor tempatkan di Axlindo.Stmikserver.com - Click Kanan – New Scope – Next
– Name ( IPDHCP) – Description ( IPDHCP ) – Next - Next

4. New Scope Range
Start IP Address 192.168.1.201
End IP Address 192.168.1.210
Next – Add Exclusions – Next – Lease Duration – Unlimited – Next – Configure
– Yes – Next – Router ( Default Gateway ) – Next

5. Domain Name and DNS Server
Parent Domain ( STMIKSERVER.COM ) – Server Name ( Axlindo ) – Resolve – Add
– Next – Wins Server – Next – Active Scope – Yes – Next - Finish

Thursday, March 19, 2009

sumber duit

dari m awaludin
Ternyata mendapatkan dollar itu mudah lho. Tidak perlu keahlian khusus, cuma modal klik dan koneksi internet, kita bisa mendapatkan penghasilan dollar yang lumayan banyak. Kalau dalam istilah sononya PTC (Paid To Click). PTC adalah bisnis online yang menyediakan link untuk menuju ke sebuah web site tertentu. Website yang menyediakan bisnis PTC merupakan penghubung antara advertiser (pengiklan) dengan konsumen.

Advertiser membayar sejumlah uang kepada website penyedia PTC. Oleh website penyedia PTC uang tersebut sebagian diberikan kepada konsumen yang telah meng-klik link advertiser. Nah dari sinilah kita dapat memperoleh dollar hanya dengan meng-klik link yang disediakan.
Rata-rata tiap klik kita akan dibayar $0,01. Selain dari penghasilan klik, kita juga akan memperoleh penghasilan dari orang lain (refferal) yang mendaftar di web ptc melalui link yang kita sediakan. Selain itu ada juga website ptc yang memberikan bonus $0,05 pada waktu pendaftaran.

Contoh penghasilan dari PTC :

* Klik 10 iklan per hari = $0.10
* 20 referral klik 10 iklan per hari = $2.00
* Penghasilan dalam satu hari = $2.10
* Penghasilan dalam satu minggu = $14.70
* Penghasilan dalam satu bulan = $63.00

Penghasilan tersebut jika kita hanya mendaftar ke satu web ptc, bagaimana kalau kita mendaftar 10 web ptc? Lumayan banyak kan. Sebelumnya kita harus punya akun dulu di Alertpay atau Paypal. Berikut ini Ebook Cara membuat akun di Alertpay dan Paypal, silakan diklik :

Download Cara Membuat Account di Alertpay
Download Cara Membuat Account di Paypal

Berikut ini website ptc yang saya ikuti dan menurut mbah google sudah terbukti membayar. Untuk mendaftar Anda tinggal klik saja link di bawah ini :

1. Persian PTC
2. X-Bux.net
3. 10Bux.net
4. Bux.To
5. Bux3.com
6. AngelBux
7. AglocoMails
8. NeoBux
9. B-U-X.net
10. UnoBUx
11. Bux.gs
12. Fellowequality
13. Ara-bux
14. BuxHeaven
15. ValueBux
16. EraBUx
17. MyProBux
18. Link2communion
19. Inspiremarrow

Pembayaran dilakukan dengan menggunakan AlertPay dan PayPal. Anda harus mendaftar dulu ke AlertPay dan PayPal gratis.

Pengguna internet yang semakin bertambah merupakan prospek yang cerah untuk bisnis PTC. Segera daftar dan referesikan melalui blog, milis dan forum. Semakin banyak refferal, semakin besar penghasilian. Dollar pung mengalir ke kita.....

setting bios phoenix

Sebelum memulai install windows xp langkah pertama adalah mengkonfigurasikan settingan bios, pada computer yang baru di install terkadang membutuhkan penyesuaian waktu . ubahlah nilai beberapa kategori seperti terdapat pada gambar disamping.

Untuk sampai pada menu setup bios terdapat perbedaan antara vendor bios 1 dengan yang lain. Pada kesempatan kali ini Penulis menggunakan bios versi phoenix , yaitu dengan menekan tombol esc ( escape ) pada keyboard setelah kita baru menghidupkan computer. Sedangkan vendor lain biasanya menggunakan (DEL , F2 atau kombinasi beberapa tombol keyboard insya Allah akan dibahas pada tulisan yang lain)

Untuk tingkat pemula, hanya direkomendasikan mengatur beberapa settingan bios seperti : Main (mengatur waktu dan tanggal , deteksi hardisk ( beberapa perangkat keras) dan Boot : pilih CD-ROM Drive dengan menggunakan tombol + dan mengarahkan ke atas posisi paling atas ( menentukan dari device mana kita akan menginstalasi windows.) ini dimaksudkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Setelah kita mengatur konfigurasi main dan boot selanjutnya simpan dengan meng enter dialog Exit Saving Changes pada menu Exit ( mengarahkan dengan menggunakan tanda panah )
Bersambung……

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008